Lidinews.id – Kebanyakan masyarakat memandang anak berkebutuhan khusus sebagai anak yang berbeda, anak yang tidak bisa apa apa, dan menyusahkan.

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau berkelebihan istimewa baik fisik, mental, intelektual, social maupun emosional yang berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya bila dibandingkan dengan anak-anak lain yang sesuasinya.

Anak-anak berkebutuhan khusus adalah individu yang unik. Mereka juga mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang sebagaimana anak-anak lainnya dan memiliki kebutuhan dasar yang sama.

Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, anak ini membutuhkan bantuan layanan pendidikan, layanan sosial, layanan bimbingan dan konseling, dan berbagai jenis layanan lainnya yang bersifat khusus.

Dalam proses pembelajaran, sekolah mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, sosial, emosi, ataupun kondisi-kondisi lainnya.

Menurut WHO (World Health Organization) life skills atau ketrampilan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif.

Adapun hal-hal yang termasuk ke dalam life skills adalah sebagi berikut :

1. Kemampuan dasar dalam membina diri self helf).
2. Aktivitas keseharian di rumah.
3. Kemampuan berwirausaha.
4. Kecakapan sosial.
5. Kecakapan dalam memecahkan masalah.
6. Kecakapan dalam team work.

Adapun tips dalam meningkatkan life skiil anak berkebutuhan khusus adalah sebagai berikut.

Mengenali Dan Memahami Kemampuan Anak

Hal ini dilakukan agar guru dan orangtua dapat memahami/mendapatkan gambaran mengenai hal hal yang dapat dilakukan oleh anak, untuk mengenali kemampuan anak guru dapat memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan melakukan keterampilan keterampilan tertentu dan melakukan sendiri melalui pengalaman yang ditasakannya atau disebut learning by doing.

Materi Yang Disampaikan Guru Harus Spesifik

Gambaran hal-hal yang dapat dilakukan oleh anak dapat menjadi acuan sebagai materi yang harus diajarkan misalnya membuat jadwal kegiatan yang akan diajarkan kepada anak, misalnya
– Mandi
– Makan
– Berpakaian
– Membersihkan rumah /kamar tidur
– Memasak

Mengembangkan Bakat Dan Minat Anak

Sangat perlu diingat oleh kita bahwa ABK tidaklah dapat menguasai berbagai macam keterampilan dalam waktu yang sama, artinya cukuplah kita mengajarkan kepada mereka sesuatu yang memang menjadi minat dan bakat mereka (satu atau dua kemampuan saja), yang terpenting adalah konsistensi kita dalam mengembangkan minat dan bakat ABK tersebut.

Dalam mengenali bakat dan minat anak guru BK dapat berperan didalamnya, sehingga bakat dan minat anak akan diketahui lebih spesifik nya, misalnya jika anak berbakat dan berminat dibidang memasak guru dapat memberikan pelajaran keterampilan tataboga, dan masih banyak keterampilan lainnya seperti menggambar/melukis,seni musik.

Memberikan Dukungan

Dukungan sangat berperan penting dalam meningkatkan life skiil anak, memberi dukungan dapat dilakukan dengan memberikan acungan jempol saat anak dapat melakukan sesuatu dengan baik, atau memberikan hadiah yang mereka sukai.

Penulis: Yuli Tondang
Via E-mail: [email protected]

Share to

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.