Lidinews.id – Politik adalah salah satu penyangga terlaksananya pemerintahan, politik memiliki peranan dan kedudukan yang krusial di dalam tata negara. Namun ada banyak pelaku politik yang malah memanfaatkan kedudukan politik untuk keuntungan pribadi maupun kelompok. Mereka rela melakukan hal yang mencoreng bahkan merendahkan politik itu sendiri.

Dewasa ini pelaku dunia politik bukan hanya di isi oleh orang yang memang memiliki niat untuk berpolitik demi hak semua orang,bahkan tidak dapat di pungkiri sektor yang satunya juga di isi oleh orang-orang yag hanya sekedar ingin berpolitik untuk mendapat keuntungan da menomor sekiankan hak-hak dan kebutuhan dari masyarakat.

Politik sekarang ini sudah tercemar,tak lagi sehat atau bahkan politik Indonesia memang tak pernah sehat semenjak awal pendirian dan pengukuhan Negara Kesatuan republik Indonesia. Banyak praktek-praktek atau pemikiran haram yang sudah menjadi bumbu dari berbagai pentas politik. Salah satunya berkaitan dengan politik uang. Dimana kedudukan, kehormatan dan jabatan bisa di dapat dengan syarat dompet tebal.

Kalangan atas yang terlalu tamak,atau kaum tertindas yang enggan melawan. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. Para pemangku jabatan lupa akan harapan besar yang ada di hati masyarakat. Apa yang mereka pikirkan hanyalah bagaimana cara untung mendapatkan keuntungan demi keuntungan bagi diri mereka sendiri dan kadang kala juga bagi partai pengusung mereka.

Namun disini saya meluruskan bahwa tidak semua orang yang bergelut di dunia politik ini acuh terhadap rakyat. Banyak juga dia antara para politikus hebat dan memang amanah di tengah para penjilat yang gila kuasa. Politik sehat seolah sudah menjelma menjad dongeng pengantar tidur bagi masyarakat yang rindu akan pemimpin yang lama mereka idamkan. Namun disisi lain masyarakat juga bersalah, karena mereka meletakkan harapan kesejahteraan namun di saat bersamaan masyarakat sendiri juga mencoreng hitmatnya pentas pemilu dengan tetap menjadi kacung dari politik uang.

Politik sehat, saya mecari dari berbagai sumber apa definisi dari politik sehat, ada banyak sekali. Namun saya mencari di keadaan sekarang tentang implementasi dalam politik sehat. Hasilnya, sedikit sekali, bahkah hampir tidak ada.Dewasa ini hampir semua pejabat politik menempati posisi mereka karena dua alasan.Yang Pertama adalah mereka yang di bekali denga berbagai macam prestasi dan memang siap juga ingin memperjuangkan hak masyarakat. Yang kedua adalah mereka yang berbekal “komisi” memamerkan dompet tebal mereka Agar menjad pelicin tangga menduduki kursi jabatan yang di inginkan.

Oleh : Dea Evitta Lista Maharani (Mahasiswi Institusi Ilmu Sosial dan Budaya Prodi Ilmu Pemerintahan)

Share to

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.