terkini

Iklan Podcast

Tim Peneliti FH UNRI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampar dengan Tema Advokasi Hukum Masyarakat Miskin

Dini Maribella
Rabu, 9/04/2024 02:32:00 PM WIB Last Updated 2024-09-04T07:32:43Z

Gambar : Tim Peneliti FH UNRI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampar dengan Tema Advokasi Hukum Masyarakat Miskin. Lidinews.id


Riau, Kampar, Lidinews.id - Tim Peneliti pada Program Studi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Riau menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema ‘Advokasi Hukum Masyarakat Miskin di Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja, Kampar’.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang hak-hak konstitusional warga negara.

 

Berangkat dari pengetahuan dan pemahaman tentang hak-hak konstitusionalnya, diharapkan masyarakat dapat memperjuangkan hak-haknya melalui proses hukum yang berkeadilan, baik melalui litigasi maupun non litigasi.

 

Selain itu dengan adanya penyuluhan hukum ini, diharapkan masyarakat mengetahui bahwa negara hadir bagi Masyarakat pencari keadilan. Berbagai program bantuan hukum yang dapat di akses Masyarakat melalui Organisasi Bantuan Hukum yang telah terakreditasi yang ada di Riau.


Gambar : Tim Peneliti FH UNRI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampar dengan Tema Advokasi Hukum Masyarakat Miskin. Lidinews.id


Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Pantai Raja, Bapak Khairud Zaman, dan Kepala Dusun, Rukun Warga, Rukun Tetangga, Ibu-ibu PKK, Lembaga Perwakilan Masyarakat, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.

 

Narasumber dari pengabdian ini disampaikan oleh Dr. Firdaus, SH., M.H., Dr. Rahmad Hendra, S.H., M.Kn., Samariadi, S.H., M.H., dan Nurahim Rasudin, S.H., M.H. dosen dari Fakultas Hukum Universitas Riau.

 

Pada Kegiatan ini, narasumber memberikan materi Pertama; tentang hak-hak konstitusional warga negara, maksud dan tujuan pemberian bantuan hukum oleh negara, pentingnya masyarakat sadar akan hukum.

 

Materi Kedua; Teknis dokumen pemberian bantuan hukum, pendampingan hukum dan konsultasi hukum. Dan materi Ketiga; tentang upaya bantuan hukum litigasi dan non litigasi.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat ditandai dengan antusiasnya penserta yang memenuhi Aula Desa Pantai Raja.

 

Peserta juga menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan antisipasi masyarakat terhadap  permasalahan hukum yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

 

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cendera mata kepada Pemerintahan Desa Pantai Raja oleh Tim Dosen Pengabdian FH UNRI.



Editor : Arjuna H T Munthe

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Peneliti FH UNRI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampar dengan Tema Advokasi Hukum Masyarakat Miskin

Iklan