terkini

Iklan Podcast

45 Wasit Kawal Pertandingan Taekwondo, 2 Bertaraf Internasional

Lidinews
Kamis, 9/12/2024 09:49:00 AM WIB Last Updated 2024-09-18T13:54:42Z
Gambar : 45 Wasit Kawal Pertandingan Taekwondo, 2 Bertaraf Internasional. Lidinews.id


Sumatera Utara, Deli Serdang , Lidinews.id - Sekjen PB Taekwondo Indonesia Brigjen TNI Robert Donna menyebutkan jumlah wasit dalam pertandingan taekwondo PON 2024 sebanyak 45 orang. Dua diantaranya adalah wasit bertaraf internasional.


Kedua wasit tersebut berasal dari  Kukkiwon bernama Choi Seong Oh yang akan bertugas di kategori poomsae. Sedangkan satu wasit lainnya yakni Ki Su Lee dari World Taekwondo Federation (WTF) akan bertugas pada kategori kyorugi. Kedua organisasi taekwondo tersebut berpusat di Korea Selatan.


“Salah salah satu tujuan menghadirkan dua wasit bertaraf internasional itu adalah agar dunia mengetahui perkembangan taekwondo Indonesia saat ini,” kata Robert Donna saat membuka secara resmi pertandingan Cabor Taekwondo PON Ke-XXI/ 2024 di GOR Martial Art Sumatera Utara, Kamis (12/09).


Ia juga mengatakan tercatat 287 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia, diantaranya 25 atlet Taekwondo Sumut dan Gorontalo 4 atlet.


Sementara Ketua Panitia Pelaksana Cabor Taekwondo, Muhammad Rifai, memastikan pertandingan taekwondo pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, menjunjung tinggi sportivitas.


"Dan ini memang kita harapkan seluruh kontingen menampilkan sportivitas tinggi, menampilkan kemartabatan dan juga sportivitas yang baik dalam olahraga," kata Rifai.


Dia menyampaikan bahwa dalam persiapan pertandingan, panitia pelaksana cabang olahraga taekwondo Sumatera Utara telah mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari.


"Kami dari panitia pelaksana cabang olahraga Taekwondo Sumatera Utara sudah mempersiapkan jauh- jauh hari dalam pelaksanaan semaksimal mungkin dengan berbagai sistem yang sangat membantu sekali.


Ia menuturkan bahwa dukungan dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) juga mengirimkan timnya untuk membantu persiapan satu minggu sebelum pertandingan.


Dia mengungkapkan bahwa pada PON XXI/2024, terdapat 34 provinsi yang berpartisipasi dalam cabang olahraga taekwondo.


Rifai juga menyebutkan jumlah atlet yang akan berkompetisi, yaitu sekitar 287 orang. Kompetisi ini akan melibatkan dua kategori yakni kategori poomsae enam kelas dan kyorugi 16 kelas.


"Yang dipertandingkan dua kategori dari kyorugi ada 16 kelas ditambah dengan poomsae ada 6 kelas. Jadi totalnya 22 kelas dari pertandingan," ucap Rifai.


Menurutnya, pertandingan tersebut akan sangat seru karena melibatkan provinsi-provinsi dengan atlet yang benar-benar kuat. (PB PON SUMUT/Husni Lubis)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 45 Wasit Kawal Pertandingan Taekwondo, 2 Bertaraf Internasional

Iklan