terkini

Iklan Podcast

Strategi pemasaran kreatif platform E-Commerce: Flashsale, cashback, dan Gratis Ongkir

ReFranSi69
Jumat, 8/09/2024 11:54:00 PM WIB Last Updated 2024-08-09T16:54:17Z

 Opini Ekonomi, Manajemen, Pemasaran

Oleh: Irma dan Paulina


Dalam proses studi yang dijalani tentu seorang Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis sehingga menghasilkan sebuah opini. Maka dari itu dua Mahasiswa Magister Universitas Katolik St. Thomas Medan yakni Irma Suryani Sinaga dan Paulina Octavia Situmorang memberikan opini terkait pemasaran tentang Flashsale, Cashback dan Gratis Ongkir.

Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat serta perubahan perilaku konsumen, organisasi tidak lagi hanya sekedar membutuhkan strategi pemasaran yang efektif dengan mengikuti tren yang sedang terjadi di pasar. Dunia bisnis saat ini semakin kompetitif dalam skala global sehingga strategi pemasaran yang inovatif akan mengambil peran yang penting dalam memenangkan hati konsumen dan meningkatkan daya saing yang berkelanjutan. Dalam era digital saat ini, fasilitas internet yang tersambung secara langsung pada gadget tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi melainkan kini teknologi digital juga dimanfaatkan untuk dapat mendorong peningkatan kualitas perekonomian, salah satunya dengan kehadiran E-commerce di Indonesia. 

E-commerce atau perdagangan elektronik, merujuk pada proses pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet. E-commerce melibatkan berbagai kegiatan termasuk pertukaran informasi, pengolahan transaksi, dan manajemen layanan pelanggan melalui platform digital. Dalam beberapa tahun terakhir, e-commerce telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh berbagai faktor yang mempengaruhi kebiasaan belanja konsumen dan cara bisnis beroperasi. Lembaga riset e-commerce dari Jerman, ECDB, menyebut Indonesia menjadi negara dengan proyeksi pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia pada 2024 yakni tingkat pertumbuhannya menyentuh 30,5%. 

Masa depan e-commerce di Indonesia tampak sangat menjanjikan. Potensi pasar e-commerce di negara kita tetap besar karena semakin banyak orang yang paham digital dan terbiasa berbelanja online. Pertumbuhan e-commerce ini didorong oleh beberapa factor seperti peningkatan akses internet, perubahan perilaku konsumen dan penggunaan smartphone. Namun, tentu saja ada  tantangan yang harus dihadapi  para pelaku industri ini. Seperti meningkatnya persaingan dari banyak pemain baru menimbulkan salah satu tantangan terbesar. Agar tetap kompetitif, pemain yang ada harus terus berinovasi baik dalam  produk, layanan, dan strategi pemasarannya. Selain itu, pelaku e-commerce ini harus mampu memberikan pengalaman belanja online yang nyaman dan memuaskan bagi konsumen.

Kehadiran platform e-commerce diterima baik masyarakat luas karena dinilai memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli. Di Indonesia, terdapat beberapa platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain – lain. Masing – masing dari platform e-commerce ini juga mengalami persaingan yang ketat dalam strategi pemasarannya agar mampu memenuhi harapan dari para pengguna baik penjual maupun pembeli. Beberapa strategi yang disediakan dalam platform e-commerce yang bisa digunakan penjual untuk menarik minat konsumen dalam melakukan transaksi melalui platform e-commerce seperti flashsale, cashback dan gratis ongkir (potongan biaya pengiriman).


Flashsale
Flash sale atau penjualan kilat telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Flashsale dilakukan dengan memberikan penawaran diskon besar-besaran dalam periode waktu yang terbatas sehingga dapat menciptakan urgensi dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian cepat. Flashsale ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan dengan cepat, meningkatkan kunjungan dan trafik, menciptakan buzz di sosial media dan kalangan konsumen, hingga mengatasi stok yang berlebihan. Flashsale biasanya diberikan pada waktu tertentu seperti yang dilakukan Shopee dengan tagline Shopee 11.11 Big Sale diselenggarakan pada 11 November dengan mengadakan beberapa sesi flashsale untuk penawaran eksklusif di setiap sesi. 

Cashback
Cashback adalah suatu strategi program yang memberikan pengembalian uang kepada konsumen  setelah mereka melakukan pembelian pada suatu platform e-commerce. Sistem cashback ini tidak hanya memberikan insentif tambahan kepada konsumen tetapi juga membantu platform e-commerce membedakan diri di pasar yang kompetitif. Strategi cashback ini memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan dan volume transaksi, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Misalnya, Tokopedia menawarkan cashback 15% dari pembelian produk elektronik dalam bentuk potongan harga yang dapat digunakan pada transaksi berikutnya. 

Gratis Ongkir
Gratis ongkir seringkali menjadi faktor kunci dalam keputusan pembelian serta mempengaruhi tingkat konversi dan kepuasan pelanggan. Gratis ongkir merupakan strategi yang sangat popular dalam dunia bisnis e-commerce dimana biaya pengiriman barang dibebaskan dari tambahan bagi konsumen. Strategi ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan tingkat konversi, daya saing, nilai rata-rata pembelian, kepuasan hingga loyalitas pelanggan. Strategi gratis ongkir ini biasa diberikan dengan beberapa syarat dan ketentuan seperti batas minimum pembelian, lokasi pengiriman, dan kategori produk tertentu. Lazada menawarkan promo gratis ongkir untuk kategori produk kosmetik dengan minimal pembelian Rp 50.000, dalam rangka kampanye promosi besar seperti 11.11 atau 12.12.

Pada umumnya, semakin loyal konsumen atau semakin sering konsumen melakukan transaksi melalui platform e-commerce tertentu maka akan semakin besar manfaat yang diterima baik itu melalui flashsale, cashback maupun gratis ongkir.


Editor: Reno
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Strategi pemasaran kreatif platform E-Commerce: Flashsale, cashback, dan Gratis Ongkir

Iklan