terkini

Iklan Podcast

GMNI Persiapan Rokan Hulu Laksanakan PPAB Pertama

Lidinews
Minggu, 6/23/2024 07:05:00 PM WIB Last Updated 2024-06-23T12:05:32Z
Gambar : GMNI Persiapan Rokan Hulu Laksanakan PPAB Pertama


Riau, Rokan Hulu, Lidinews.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Persiapan Rokan Hulu melaksanakan open recruitment atau Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB).


PPAB ini dilaksanakan di aula Universitas Pasirpengaraian (UPP), kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Alumni (PA) GMNI Riau Iman Munandar, SH., MH, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Alumni (PA) GMNI Rokan Hulu Rahayu dan rombongan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Pekanbaru yang diketuai oleh Rahmat Sentosa Daeli. Turut hadir pula Alumni GMNI Syafrizal Hasbi yang juga merupakan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu dan Rahmat Syah yang juga merupakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu.


Pada PPAB pertama ini GMNI Persiapan Rokan Hulu mengangkat tema "Spirit Nasionalisme Generasi Milenial dalam Menjawab Tantangan Zaman". "Hingga saat ini baik di Indonesia dan di belahan dunia manapun yang menjadi perekat kokohnya suatu negara adalah karena masih ada spirit nasionalisme, masih ada yang menggaungkan semangat nasionalisme dan masih ada yang merawat pemikiran-pemikiran tentang Nasionalisme. Nasionalisme yang merekatkan Indonesia pada dasarnya berbeda dengan Nasionalisme yang bergeming di Eropa, Nasionalisme kita adalah Sosio-Nasionalisme, apa itu Sosio-Nasionalisme? apa itu Marhaenisme? itu yang akan teman-teman pelajari hari ini, oleh karena itulah teman-teman mengikuti rangkaian pengkaderan PPAB yang ada di GMNI hari ini. Ke depan tidak ada lagi GMNI Rokan Hulu reborn, yang ada ialah berita pengkaderan GMNI Rohul yang semakin masif dan eksistensinya yang menonjol di Rokan Hulu." Papar Rahmat (Ketua DPC GMNI Pekanbaru) yang mewakili DPD GMNI Riau pada kegiatan ini. Ketua Persatuan Alumni (PA) GMNI Rohul, Rahayu, juga menyampaikan pasang surut perjalanan GMNI yang ada di Rohul hingga dibentuk kembali sebagai DPC Persiapan pada saat ini. Ia memaparkan bahwa GMNI Rokan Hulu merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Ormek) Cipayung pertama yang ada di Rokan Hulu, yakni sejak tahun 2009 silam. Namun perjalanan GMNI di Rokan Hulu bukan sesuatu yang mulus hingga dibentuk kembali pada hari ini. Pembukaan PPAB ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua DPD Persatuan Alumni (PA) GMNI Riau, Iman Munandar.


Diketahui bahwa Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) merupakan organisasi mahasiswa ekstra kampus yang memiliki ideologi organisasi yakni Marhaenisme yang digagas Presiden Indonesia pertama, Sukarno, sehingga organisasi ini sering dijuluki sebagai organisasi berhaluan Nasionalis-Sukarnois. Organisasi yang mencakup seluruh wilayah Indonesia ini juga banyak melahirkan tokoh-tokoh, baik tokoh daerah hingga tokoh nasional.



Editor : Arjuna H T Munthe

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GMNI Persiapan Rokan Hulu Laksanakan PPAB Pertama

Iklan