terkini

Iklan Podcast

Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Mahasiswa Unisma Meriahkan Event Isro’ Mi’roj Hingga Festival Ramadhan

Lidinews
Jumat, 4/05/2024 07:07:00 PM WIB Last Updated 2024-04-05T12:07:04Z
Gambar : Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Mahasiswa Unisma Meriahkan Event Isro’ Mi’roj Hingga Festival Ramadhan. Lidinews.id

Jawa Timur, Malang, Lidinews.id - Kandidat sarjana mengabdi tematik atau yang kerap disebut dengan KSM Tematik merupakan istilah yang merujuk pada program atau inisiatif di mana mahasiswa tingkat sarjana terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk dari program universitas yang diselenggarakan di semester akhir perkuliahan.


Program semacam ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di kelas untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini dapat beragam, termasuk mengajar di sekolah-sekolah, memberikan layanan kesehatan di wilayah pedesaan, mengadakan program-program pembangunan masyarakat, dan banyak lagi.


Melalui program pengabdian masyarakat, mahasiswa diberi kesempatan untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar sambil memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan kebutuhan masyarakat.

Ini juga membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja tim, dan komunikasi yang penting untuk keberhasilan di dunia nyata setelah lulus.


Sejumlah mahasiswa kandidat sarjana mengabdi dari Universitas Islam Malang (Unisma) angkatan 2019-2020 juga turut mengabdikan waktu mereka selama kurang lebih 40 hari untuk melaksanakan kegiatan KSM Tematik di daerah Ketawang Gondanglegi. Dalam program ini, mereka berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat melalui serangkaian kegiatan mulai dari kontribusi di balai desa, tempat pengajian al-qur’an dan masjid di daerah sekitar.


Setiap hari mulai dari pukul 08.00 a.m hingga 13.00 p.m para mahasiswa aktif terlibat dalam berbagai aktivitas di Balai Desa. Mereka terlibat dalam diskusi dan perencanaan program-program pembangunan masyarakat, serta membantu dalam hal-hal administratif dan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah berakhirnya sesi di Balai Desa, mahasiswa ini melanjutkan kegiatan mereka dengan mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohmah. Di TPQ ini, mereka memberikan pelajaran agama kepada para siswa dengan metode setoran bacaan jilid hingga setoran bacaan Al-Qur’an sesuai dengan tingkat kelas siswa masing-masing.


Setelah usai dari TPQ Ar-Rohmah para mahasiswa terlibat dalam kegiatan pengajaran di TPQ mushola setempat. Di sini, mereka berperan sebagai pembimbing dan mentor bagi anak-anak dalam mengkaji ilmu agama islam yang tidak jauh berbeda metode pengajarannya dengan yang mereka dakwahkan di TPQ Ar-Rohmah.


Gambar : Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Mahasiswa Unisma Meriahkan Event Isro’ Mi’roj Hingga Festival Ramadhan. Lidinews.id


Di sela-sela waktu pengabdian para mahasiswa turut merayakan moment isra’ mi’roj yang menjadi bagian dari kegiatan utama KSM Tematik. Para mahasiswa mengisi kegiatan isro’ mi’roj dengan mengadakan kegiatan tahlil dan doa bersama.

Acara ini berlangsung di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohmah yang dihadiri oleh ustadzah dan siswa TPQ, serta didukung penuh oleh mahasiswa Unisma yang tengah mengabdi pada masyarakat sekitar. Acara Isra Mi'raj ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa (Isra) dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha (Mi'raj).


Menariknya lagi, para mahasiswa universitas islam malang ini memiliki program unggulan dalam rangka takdzim kepada bulan suci Ramadhan. Para mahasiswa menyelenggarakan kegiatan  Festival Ramadhan yang bertajuk "Kecil-Kecil Kreatif" yang dirancang dengan penuh kreativitas. Acara festival ini diadakan di kantor Balai Desa dengan mengundang partisipasi Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohmah, serta dihadiri oleh Bapak Dosen Pembimbing Lapangan Bapak DR. Zukhriyan Zakaria yang turut menjadi pemateri dalam acara tersebut.


Dalam kegiatan ini para peserta diajak untuk menggali makna Ramadan dan nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya. Diskusi bermutu juga turut dihadirkan, dimana Bapak Dosen Zukhriyan Zakaria memberikan wawasan yang mendalam tentang relevansi Ramadan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, acara juga diisi dengan serangkaian game yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik.

Hal ini sejalan dengan semangat Unisma dalam mengintegrasikan pendidikan formal dan informal demi pengembangan holistik mahasiswa. Momen puncak festival diakhiri dengan buka bersama yang menjadi ajang silaturahmi para mahasiswa dengan tokoh agama daerah setempat. Kebersamaan ini semakin diperkuat dengan bakti sosial kepada siswa TPQ dan beberapa anak yatim sebagai bentuk nyata dari nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan dalam Ramadhan.


Program KSM Tematik ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa. Mereka belajar tentang kehidupan masyarakat pedesaan dan memperdalam pemahaman mereka tentang pendidikan agama.

Keberadaan mereka juga memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak di daerah tersebut untuk terus belajar dan berkembang. Dengan semangat pengabdian yang tinggi, para mahasiswa kandidat sarjana Unisma ini telah berhasil menciptakan dampak positif kepada masyarakat Ketawang Gondanglegi.

Mereka membuktikan bahwa dengan kesungguhan dan dedikasi, setiap individu dapat berperan dalam memajukan masyarakat dan menciptakan perubahan yang lebih baik.




Editor : Arjuna H T Munthe



Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Mahasiswa Unisma Meriahkan Event Isro’ Mi’roj Hingga Festival Ramadhan
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Mahasiswa Unisma Meriahkan Event Isro’ Mi’roj Hingga Festival Ramadhan

Iklan