Sumut, Tapanuli Utara, Lidinews.id – Nikson Nababan “Hingga Akhir Jabatan Saya 2024, Garoga harus Merdeka”

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan dan anggota DPRD Taput dari Dapil IV, Pimpinan OPD dan Camat Garoga Mitsu Gultom dan seluruh Kepala Desa se-Garoga hadiri Musrenbang Kecamatan Garoga di Halaman Sekolah SD Negeri 173226 Sirpang, Desa Simpang Bolon Kecamatan Garoga, Senin (22/02).

“Kita akan sepakati bersama kita selesaikan yang paling primer sebagai prioritas. Kita sisir dulu infrastruktur. Saya harapkan tahun 2024 di akhir masa jabatan saya, Garoga sudah merdeka, semua terbuka interkoneksi, baik melalui jalan dan jembatan, gedung gedung sekolah sudah layak dan memiliki sarana prasarana, air minum, drinase dan lampu jalan, bedah rumah kita sisir semua,” ujar Bupati mengawali arahannya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa dana untuk pembangunan tahun 2021 di Kecamatan Garoga juga sudah kita tampung kurang lebih 7 milyar. “Kita akan sinergikan dana APBD dan Dana Desa untuk menuntaskan. Dana untuk pembangunan jalan koneksi Kecamatan Garoga dengan Kabupaten lain, khususnya Labuhan Batu sudah kita usulkan ke Pemerintah Pusat,” ujar Bupati menambahkan.

“UNTARA adalah harapan kita sebagai trigger untuk merangsang semua pertumbuhan ekonomi. Kita tidak lagi ekspor uang ke luar daerah dan usia produktif bisa tetap berada di daerah kita untuk ikut andil meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ini adalah satu satunya cara untuk kemajuan kita bersama. Tidak ada sebuah kemajuan bisa diraih tanpa pengorbanan, untuk meraih sebuah sukses yang besar. Dengan UNTARA semua sektor akan bergerak naik.

Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan menyampaikan bahwa apa yang menjadi prioritas untuk dibangun di daerah kita ini akan kita putuskan di Musrenbang ini.

Mewakili Tokoh Masyarakat Arifin Pasaribu dalam kesempatan itu menyampaikan harapan dan optimisme akan kepemimpinan Bupati Nikson Nababan untuk pembangun di Taput, khususnya Kecamatan Garoga. “Kami percaya Bapak Bupati akan membawa kami menjadi masyarakat yang sejahtera dan mandiri. Kami sangat mendukung berdirinya Universitas di Tapanuli Raya, sebuah ide brilian. Kalau orang sudah pintar, tidak susah lagi mengarahkan seseorang sehingga lebih mudah mencapai visi. Untuk kesempatan ini juga kami juga akan usulkan beberapa pembangunan infrastruktur dan pengadaan air bersih,” ujar Arifin mengakhiri.

Usai bimbingan dan arahan Bupati Taput, dilanjutkan dengan bincang bersama, diskusi akan prioritas pembangunan dengan Kepala Desa dan tokoh masyarakat dari setiap desa untuk 13 Desa di Kecamatan Garoga.

Dalam kesempatan itu, di samping Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan juga hadir Anggota DPRD Dapil IV Arifin Rudi Nababan, Mangoloi Pardede, Toman Balige Silitonga, Jason Pasaribu, Sahat Sibarani dan Jonri Tampubolon.

Usai Musrenbang, Bupati Taput dan rombongan menuju Desa Lontung Jae I untuk berbincang dengan masyarakat menyisir prioritas pembangunan yang paling dibutuhkan masyarakat Garoga saat ini dan sekaligus menginap di rumah penduduk di desa ini.

Usai pertemuan bincang bersama dengan masyarakat Lontung Jae I, esoknya Bupati Taput akan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pangaribuan (Selasa,23/02).

 

Reporter: Paulus PG

Share to