NTB, Dompu, Lidinews.IdOrganisasi sekolah perlu membangun budaya mutu dari semua aspek penyelenggaraan pelayanan pendidikan yang diberikan, baik itu dalam proses pembelajaran, manajemen sekolah maupun penerapan program literasi yang saat ini sedang gencar dilaksanakan. MIS Miftahul Jannah (MIS MJD) terpilih masuk dalam program pengembangan sekolah, yaitu salah satu program Peningkatan Kualitas Pendidikan atau Education quality Improvement Program (EQUIP) yang merupakan program kerjasama antara PT. Sumbawa Timur Mining (PT. STM) dengan Kanaka Foundation sebagai pelaksana programnya. Program ini didukung penuh oleh Kemenag Kabupaten Dompu.

Untuk mencapai lembaga pendidikan yang unggul dan maju, tentu diperlukan tata kelola yang baik. Semua stakeholder yang ada di dalamnya harus memiliki komitmen yang kuat untuk berkolaborasi dan bersama-sama memajukan sekolah. Mewujudkan itu semua bukan hal yang mudah, tapi jika adanya semangat kebersamaan maka tidak ada yang tidak mungkin.

Lina dari Kanaka Foundation, penanggung jawab program EQUIP yang sedang melakukan kegiatan pendampingan di MIS MJD menilai, perlu ada pendampingan yang serius untuk membangun budaya pendidikan yang bagus, agar MIS MJD bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di kecamatan Hu’u.

“Kalau selama ini siswa terbiasa membuang sampah di sembarang tempat, maka saatnya memberikan contoh bahwa hal itu tidak bagus” Ujarnya saat ditemui di ruang kerja kepala Madrasyah Miftahul Jannah Daha, Senin, (22/2/2021) pukul 08.00 pagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa budaya buang sampah yang bukan pada tempatnya, suka terlambat, terbiasa dengan meja yang berdebu, itu semua sebenarnya bukan hal baik. Tapi, karena sudah menjadi kebiasaan, maka dipandang sesuatu yang biasa-biasa saja. Dan warga sekolah tetap merasa nyaman ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Yang sebenarnya kebiasaan itu bukan budaya yang bagus. Dengan demikian perlu ada upaya serius dari pihak sekolah untuk merubah kebiasaan tersebut.

Diakuinya bahwa untuk bisa merubah kebiasaan lama, dibutuhkan waktu yang lama pula. Menurutnya itu tetap bisa diubah, agar ke depan MIS MJD selain menjadi contoh, juga bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada kota.

Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan yang dimaksud yakni dengan mengundang orang tua untuk kegiatan sosialisasi program pengembangan sekolah juga memaparkan visi misi sekolah yang sudah ditinjau ulang agar orang tua dapat memberikan dukungan penuh untuk pengembangan MI MJD yang lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Madrasyah MIS MJD, Usman, S.Pd.i mengucapkan terimakasih kepada pihak PT. STM dan Kanaka Foundation yang telah memberikan bantuan kepada MIS MJD berupa revitalisasi perpustakaan, buku-buku untuk menunjang kemajuan pendidikan untuk anak-anak di madrasyah, dan buku-buku untuk guru-guru, serta pelatihan-pelatihannya.

“Lewat kesempatan ini saya ucapkan terimakasih” Ucapnya

Dan lebih lanjut, ia mengatakan semoga dengan hadirnya PT STM di kecamatan Hu,u Kabupaten Dompu ini dapat membawa kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

“Semoga PT. STM bisa mengatasi berbagai masalah yang ada di kecamatan Hu, u Kabupaten Dompu” Harapnya

Share to