Muna, Lidinews.id – Tepat pada Hari Selasa, Tanggal 16 Februari 2021 Pilkada Muna telah berakhir di MK dengan menetapkan pasangan TERBAIK (Rusman Emba – Bahrun Labuta) sebagai pemenang pilkada Muna yang juga nantinya akan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Muna untuk Periode 2020-2025.

Ketua Bidang Kerjasama dan Organisasi DPW Aliansi Nusantra Sulawesi Tenggara Boy Syabaruddin menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak baik penyelenggara pemilu Bawaslu dan KPU maupun para Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta para simpatisan dari masing-masing tim pemenangan sudah menjaga keamanan dan ketertiban bersama di Pilkada Muna 2020 sehingga pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Saya sangat berharap kepada masyarakat Kabupaten Muna terkhusus para pendukung dan simpatisan pemenang pilkada kali ini untuk tidak terlalu euforia dalam merayakan kemenangannya, jangan sampai menimbulkan hal-hal yang kita tidak inginkan, serta jangan sampai situasi damai dan sejuk yang ada di Kabupaten Muna saat ini bisa ternodai sehingga itu akan berdampak buruk juga menganggu rasa persatuan, persaudaraan serta keharmonisan kita selama ini yang sudah terjalin dengan baik,” kata Boy Syabaruddin, Jum’at (19/02/2021).

Menurutnya, yang terpenting untuk di bangun saat ini adalah kembali mengadakan rekonsiliasi dan komunitas kepada teman-teman yang menjadi lawan politik di konteks pesta pilkada serentak kemarin.

“Hal yang paling pokok kita lakukan saat ini adalah kita kembali merangkul lawan, teman dan sanak saudara yang kemarin berseberangan pilihan politik, dan saya rasa ini sah-sah saja dalam dunia demokrasi. Kita juga harus ikut andil dalam menciptakan kesadaran terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Muna bahwa menang dan kalah itu adalah hal yang lumrah dan biasa saja dalam sebuah negara demokrasi,” cetus Boy Syabaruddin yang juga mantan ketua Dewan Pertimbangan Mahasiswa Fakultas Pertanian UNHALU itu.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada masyarakat, khususnya para tokoh agama dan tokoh pemuda yang ada di Kabupaten Muna untuk kembali beraktifitas ssbagaimana biasanya tanpa ada sekat yang ada karena perbedaan pilihan politik kemarin.

“Mari kita bangun kerjasama kembali dan meningkatkan rasa toleransi kita serta saling harga menghargai sesama putra daerah juga sesama anak bangsa. Saya yakin, perbedaan ini modal kita semua agar tetap satu kesatuan sebagai sesama anak bangsa indonesia,” tambahnya.

Secara umum lanjut pria yg biasa disapa Bung Bob ini, kita lihat sekarang ini bahwa masyarakat Muna makin dewasa dalam berdemokrasi. Ini menjadi catatan penting dan mesti harus di apreasiasi bersama. Menurutnya, situasi damai dan kondusifitas ini tidak pernah lepas dari proses pengalaman yang ada dalam pelaksanaan pemilu sebelumnya dan kesadaran ini terus dijaga bersama untuk masyarakat kita khususnya di Witeno Wuna barakati.

“Bahwa siapa pun yang menang harus dapat merangkul yang kalah, ini penting dilakukan karena sejatinya seorang pemimpin terpilih bukan buat memimpin pemilihnya semata, akan tetapi seorang pemimpin yang terpilih akan menjadi pemimpin untuk seluruh masyarakat muna mulai dari pelosok pedesaan, pesisir, bahkan daratan yang selama itu tercatat dan berdomisili di Kabupaten Muna,” ucap Bung Bob.

Terakhir, saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak Rusman Emba sebagai Bupati dan Bapak Bahrun Labuta sebagai Wakil Bupati Muna terpilih periode 2020-2025.

“Selamat kepada pasangan TERBAIK telah diamanahkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati untuk satu periode kedepan, semoga bisa membawa Kabupaten Muna kearah yang lebih maju dan berkembang lagi, bisa bekerja ikhlas dan giat demi kesejahteraan masyarakat Muna,” tutupnya.

Share to