Foto / Istimewa

KendariSultra. Lidinews.id_ PT. Gerbang Multi Sejahtera (GMS) dalam waktu dekat ini, rencananya akan kembali melaksanakan aktivitas penambangannya pasca penghentian sementara aktivitas penambangan di wilayah Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksinya (IUP-OP).

PT. GMS secara perlahan mulai memobilisasi dan mendekatkan alat beratnya di Jety Site Amesiu sejak kemarin, pada hari Kamis (18/03/2021). Akan tetapi, mobilisasi alat berat tersebut mendapat penolakan keras dari masyarakat yang berada di lingkar tambang.

Masyarakat menilai, untuk kembali melaksanakan aktivitas penambangan, PT. GMS harus terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa lingkar tambang, yakni desa Ulusawah, Sangi-Sangi, Tue-Tue, dan Lawisata.

Alasan tersebut berdasarkan surat tugas (ST) yang diperlihatkan kepada masyarakat lingkar tambang. Isi dari ST tersebut, agar pihak yang di tugaskan, harus terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di wilayah IUP-OP PT. GMS.

Akan tetapi, kondisi yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan ST tersebut. Kondisi di lapangan memperlihatkan, pihak PT. GMS melakukan upaya mobilisasi alat berat secara paksa, dengan melibatkan masyarakat diluar lingkar tambang guna mengawal kelancaran mobilisasi alat berat tersebut.

Sebagai salah satu perwakilan dari masyarakat lingkar tambang, menurut saya, harusnya pihak PT. GMS melakukan sosialisasi kepada masyarakat lingkar tambang terlebih dahulu, sebelum melakukan mobilisasi alat berat. Kalau pihak PT. GMS tidak mengindahkan apa yang menjadi tuntutan masyarakat, maka tidak ada jaminan dari masyarakat lingkar tambang untuk tidak menolak mobilisasi alat berat itu.

Kita telah melihat bersama, sudah ada reaksi sosial di masyarakat lingkar tambang, yaitu penolakan mobilisasi alat berat. Itu semua terjadi karena, permintaan masyarakat lingkar tambang kepada PT. GMS agar melakukan sosialisasi terlebih dahulu, tidak di indahkan.

Oleh : Daud
Perwakilan Masyarakat Desa Ulusawah

Share to

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *