Oleh: Miftahul Hulfa (Mahasiswi  Jurusan Ilmu Pemerintahan IISBUD SAREA)

Lidinews.id – Sejak Maret 2020 covid-19 melanda Indonesia sampai hari ini, covid-19 dengan keganasannya selalu memakan korban setiap harinya. Setidaknya sudah lebih dari (±1.5jt) jiwa yang telah hilang selama adanya pandemi Covid-19 ini.

Di mulai dari Wuhan China, dengan cepat covid menjadi wabah yang sangat mengglobal di seluruh negara di dunia. Segala aspek kehidupan berubah akibat dari wabah tersebut. Tidak terkecuali sektor pendidikan juga terkena dampak tersebut, mulai dari SD, SMP, SMA dan bahkan perguruan tinggipun di tutup untuk sementara waktu dan di ganti dengan belajar online atau belajar dari rumah.

Dalam hal ini Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (covid-19) sebagai dasar hokum melaksanakan kuliah online.

Baik mahasiswa maupun dosen di tuntut untuk segara beradaptasi dengan proses perubahan pembelajaran jarak jauh ini. Guru-guru harus pandai dalam mendisain atau menarik perhatian murid untuk tetap mengikuti proses belajar, dengan menggunakan media sosial dan platform learning manajement sistem (LMS) yang ada.

Hal yang paling di takutkan oleh siswa atapun mahasiswa adalah adanya keterbasan jaringan dan prasarana yang tidak cukup memadai di lingkungan mereka.

Belajar daring adalah pil pahit bagi mahasiswa yang suka tidak suka mau tidak mau harus di lakukan, sehingga ada kecemasan tersendiri bagi mahasiswa, hal yang paling di cemaskan adalah adanya penurunan IPK atapun tidak bisa mengikuti kegiatan daring bahkan harga kuota yang semakin tinggipun menjadi salah satu kecemasan mahasiswa saat ini. Sebagai pelayan publik pemerintah harus hadir menjawab kecemasan dari siswa dan mahasiswa yang di daerahnya kurang jaringan atau tidak ada jaringan.

Pemerintah harus memberikan sarana dan prasarana penunjang kuliah online atau belajar online terutama tentang jaringan. Karena pendidikan penting bagi seluruh rakyat Indonesia seperti yang termaksud dalam pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Share to

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *