Sumut, Lidinews.id – Dalam rangka peningkatan pelayanan di bidang hukum terhadap masyarakat di wilayah hukum Peradilan Gunungsitoli, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Trisila Nusantara yang berkedudukan di Jakarra membentuk Kantor Cabang di Gunungsitoli Gunungsitoli.

Pembentukan Kantor Cabang LBH Trisila Gunungsitoli ini digagasi oleh beberapa aktivis dan advokat yang peduli terhadap penegakan hukum.
LBH Trisila memberikan pelayanan/jasa bantuan hukum yang berkualitas dan terjangkau terhadap masyarakat yang kurang mampu yg menjalani proses hukum agar bisa mendapatkan keadilan dalam proses hukum yang sedang dijalani, demikian disampaikan oleh Meiman K. Harefa,S.Sos,MSP yg merupakan salah seorang pemrakarsa berdirinya LBH Trisila Cabang Gunungsitoli dalam konferensi pers sesuai pertemuan perdana Pengurus LBH Trisila Cabang Gunungsitoli (Selasa, 30 Maret 2021).

Joko Puryanto Mendrofa yg juga merupakan salah seorang pemrakarsa pembentukan LBH Trisila Cabang Gunungsitoli menyampaikan bahwa LBH Trisila berkomitment untuk mendampingi dan mengadvokasi kasus dan permasalahan hukum yg dialami rakyat utamanya kaum marjinal atau kaum marhaen (masyarakat miskin) termasuk mendampingi class action (gugatan kelompok) yang dilakukan oleh kelompok masyarakat terhadap kebijakan dan pelayanan yang merugikan atau tidak berkeadilan bagi sekelompok masyarakat misalnya Kelompok Pelanggan sebuah lembaga/perusahaan pelayanan publik.

Selanjutnya Kepala Kantor Cabang LBH Trisila Gunungsitoli Analisman Zalukhu,SH menyampaikan wilayah kerja LBH Trisila Cabang Gunungsitoli meliputi wilayah hukum Pengadilan Negeri Gunungsitoli, oleh karena itu Pengurus Kantor Kantor Cabang akan segera berkoordinasi dengan lembaga yg terkait dengan penegakan hukum dalam hal ini Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli dan Kejaksaan Negeri Telukdalam, Polres Nias dan Polres Nias Selatan, Lembaga Pemasyarakatan di Gunungsitoli dan Nias Selatan serta terutama juga dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Kepulauan Nias.

Kepala Kantor Cabang Analisman Zalukhu,SH berharap dukungan seluruh stakeholders dan menyampaikan bahwa LBH Trisila Cabang Gunungsitoli siap menerima dan mendampingi kasus-kasus hukum masyarakat utamanya masyarakat yang kurang mampu. LBH Trisila memiliki 3 Nilai Dasar yaitu 1. Adil dan Manusiawi, 2. Bermanfaat dan Efisien, dan 3. Ilmiah dan Anti Korupsi.

Adapun susunan Kepengurusan Kantor Cabang LBH Trisila Gunungsitoli sebagai berikut: Kepala Kantor Cabang Analisman Zalukhu,SH, Wakil Kepala Kantor Soziduhu Gea,SH, Sekretaris Sacrist Breedwan Harefa,SH dan Bendahara Roy Nirmawan Hulu,SH.

Sekretaris Kantor Cabang Sacrist Breedwan Harefa,SH menjelaskan bahwa Kepengurusan Kantor Cabang akan dilengkapi dengan Bidang – Bidang yang diangkat melalui Keputusan Kepala Kantor Cabang atas hasil musyarah Pengurus Kantor Cabang dan juga akan dilengkapi dengan beberapa orang Penasehat.

Untuk sementara LBH Trisila Cabang Gunungsitoli beralamat di Jl. Diponegoro Nomor 358 Gunungsitoli dan akan segera menetapkan Kantor Cabang yg tetap dalam waktu yang tidak terlalu lama.

 

Kontributor: Joko Mendrofa

Share to

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *