Lidinews.id – Bogor 21 Februari 2021, Peserta kaderisasi tingkat dasar Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) melakukan analisis sosial yang dilakukan di Desa Situ Gede, RT 01 RW 05, kecamatan Situ Gede, Bogor Barat.

Analisis sosial ini dilakukan terhadap 12 responden yang bebeda profesi. Hasil wawancara yang kami lakukan diketahui ada permasalahan perekonomian, penurunan pendapatan rumah tangga masyarakat setempat akibat pandemi covid-19 tercatat ada sekitar 84% masyarakat di RT 01 RW 05 pendapatannya berkurang secara drastis dimasa pandemi ini, dan 16% lainnya mengaku pendapatan masih stabil.

Menurut hasil temuan dilapangan, penyebab terjadinya penurunan pendapatan dikarenakan omset penjualan yang menurun akibat covid-19.

“sebelum ada covid -19 sehari bisa mendapatkan 300 ribu sih….kalau sekarang 150 ribu, ditambah lagi suami saat ini sudah tidak bekerja lagi semenjak covid 19.” Ujar ibu titin.

Selain itu juga ada masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan ada juga masyarakat yang tidak mendapatkan tunjangan dari perusahaan seperti tunjangan hari raya.

Adapun temuan hal yang menarik lainnya ditengah pandemi covid-19, ternyata masih ada orang yang peduli terhadap sesama masyarakat dengan memberikan sembako dan makanan.

Sementara itu para peserta kaderisasi tingkat dasar GMNI Bogor merumuskan sebuah solusi kongkret yaitu upaya untuk menurunkan kurva jumlah kasus baru covid-19 berdampak pada perekonomian yang utama akibat penerapan karantina wilayah dan pembatasan mobilitas.

Pemerintah seharusnya memberikan tindakan tegas kepada pengusaha yang tidak memberikan tunjangan kepada buruh-buruhnya dan mem-PHK semena-mena. Pemerintah juga seharusnya memperhatikan pelaku UMKM dengan cara memberi bantuan.

Dengan anggaran yang besar seharusnya bisa digunakan sebagai kekuatan optimal “untuk tetap memberikan pendapatan dengan sistem yang benar dan siap menjalankan secara efektif” Ujar Rizky salah satu Peserta KTD dari Lampung.

 

Reporter: Ramdani

Share to