Lidinews.id – Sejumlah warga Kelurahan Situ Gede , Kecamatan Bogor Barat , Kota Bogor , Mengeluhkan pendapatan yang terus mengalami penurunan.

Hal itu tidak terlepas dari aturan pemerintah yang mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mikro dalam lingkup RT/RW.

Salah seorang warga mengatakan penurunan yang terjadi dimasa Covid-19 saat penerapan PPKM yang dimulai pada awal Febuari 2021 “Biasanya omset saya dalam sepekan mencapai 1juta rupiah , tetapi sekarang tutun drastis akibat PPKM ini” , Ujar Pak Rusman , pembudidaya ikan cupang.

Kemudian dari itu menurut pedagang yang berdomisili di situ gede, Bogor Barat pandemi begini pendapatan ibu menurun drastis yang sebulan dapat mendapatkan 6.000.000 namun saat ini mendapatkan 4.500.000 dikarenakan banyaknya orang yang takut untuk keluar rumah berbelanja “ujar bu Marni”.

Peserta Kaderisasu Tingkat Dasar (KTD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Bogor, malakukan analisis sosial kepada masyarakat. Terbukti bahwa Pandemi ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Adapun solusi dari peserta KTD yang melakukan analisis soial tersebut ialah dibentuknya Balai Latihan Kerja agar para pemuda yang belum bekerja dapat menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluargannya ditengah pandemi Covid-19 ini

“Agar perekonomian masyarakat kelurahan situ gede stabil maka dapat di lakukan cara pengalokasian pengangguran melalui program BLK ditingkatan kota. Hal itu guna merevitalisasi para pemuda untuk mendorong semangat pada masyarakat dengan membantu masyarakat yang terdampak dengan menekankan pada aspek Gotong-Royong. Ujar Dharma Peserta asal Lampung

Dengan demikian diperlukannya peran seluruh elemen masyarakat dan support Pemerintah Daerah untuk bergotong royong bersama agar dapat keluar dari persoalan ekonomi akibat adanya Covid-19.

 

Reporter: Ramdani

Share to